Kelebihan dan Kekurangan Oven Gas, Ini Cara Aman Pakainya


Oven gas adalah jenis oven yang memanaskan makanan dengan membakar gas. Panas dari nyala api menghangatkan logam di bagian dalam oven dan memancar keluar, memanaskan apa pun yang ditempatkan di dalamnya. Oven gas memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan jenis oven lainnya-seperti listrik dan microwave, simak penjelasannya.

Apa Itu Oven Gas?

Oven gas adalah jenis alat yang memanaskan menggunakan gas alam atau propana. Alat ini dirancang untuk memasak makanan pada suhu tinggi dan sering kali memiliki lampu oven untuk penerangan.

Oven gas menggunakan panas radiasi, yang berarti bahwa alih-alih memanaskan udara di sekitarnya, oven ini memanaskan dinding logam di dalam alat. Dinding logam kemudian mentransfer panas ini ke makanan Anda saat dimasak.

Kelebihan Oven Gas

Kelebihan oven gas antara lain:
  • Oven gas memasak lebih cepat. Oven gas bisa lebih cepat hingga 20% lebih cepat daripada oven listrik, karena oven gas tidak perlu menunggu elemen panas sebelum mulai memasak.
  • Mereka lebih akurat. Karena kontrol suhunya yang tepat, Anda dapat mengandalkan oven gas untuk memberikan hasil yang konsisten setiap saat-tanpa harus mengkhawatirkan apakah makanan Anda akan gosong atau kurang matang jika tidak dipantau secara cermat

Kekurangan Oven Gas

Ada beberapa kelemahan oven gas. Karena menggunakan gas, oven gas lebih mahal untuk dijalankan daripada oven listrik. Oven gas juga cenderung lebih keras daripada oven listrik saat pemanasan awal atau pendinginan. Selain itu, oven gas bisa berbahaya jika tidak dipasang dan digunakan dengan benar.

Misalnya, Anda tidak boleh meninggalkan dapur saat menggunakan fungsi pembersihan sendiri karena panas yang hebat dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Akhirnya, beberapa orang mungkin menemukan bahwa makanan mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak dalam oven gas daripada oven listrik karena pemanasan panci atau area pembakar yang tidak merata di dalam rongga (masalah ini dikenal sebagai "hot spot").

Cara Aman Pakai Oven Gas

Jika Anda akan menggunakan oven gas, yang terbaik adalah mengetahui cara menggunakannya dengan aman. Ada beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda tetap aman dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Pertama dan terpenting, matikan gas saat Anda membuka pintu oven. Ini adalah langkah keamanan penting yang harus diterapkan oleh semua pemilik oven gas segera setelah mereka mulai memasak dengan alat baru. Jika Anda tidak mematikan gas sebelum membuka pintu oven, ada kemungkinan asap yang bocor dapat keluar ke rumah Anda dan menyebabkan kerusakan.

Selanjutnya, pastikan untuk tidak menyentuh pintu atau rak saat memasak, meskipun kedua permukaan cukup panas untuk keperluan persiapan makanan. Gagal mengikuti aturan ini berarti berisiko membakar diri sendiri atau orang lain yang terlalu dekat saat mengoperasikan peralatan dapur mereka sendiri di rumah.
Terakhir, gunakan sarung tangan safety ketika membuka atau menutup salah satu kompartemen di dalam perangkat khusus ini-ini hanya akan meningkatkan faktor risiko yang terkait dengan pengoperasiannya! Anda harus selalu menghindari meninggalkan peralatan ini tanpa pengawasan, karena peralatan ini bisa menjadi terlalu panas akibat kesalahan pengguna.

Oven gas bisa menjadi tambahan yang bagus untuk dapur Anda. Anda akan menemukan bahwa oven gas jauh lebih serbaguna dan bertenaga daripada oven listrik atau microwave, dengan manfaat yang sama banyaknya untuk memasak makanan.

Namun, ada beberapa kekurangan dalam menggunakan peralatan gas juga. Jika Anda tertarik untuk membeli salah satu peralatan ini untuk diri Anda sendiri, pastikan untuk melakukan penelitian menyeluruh sebelum melakukan investasi sehingga Anda tahu persis jenis oven apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar