Advertisement

RajaBackLink.com

Sepenting Apa Medical Check Up untuk Kesehatan Tubuh Anda?


Kendati sifatnya tak wajib, mengambil medical check up lengkap Jakarta membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan dan tanda-tanda penyakit yang tak dirasakan langsung. Sejumlah pemeriksaan akan dokter lakukan terhadap fisik dan tanda vital tubuh untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan.

Seberapa sering Anda harus medical check up?

Beberapa orang baru mengetahui medical check up saat mereka hendak memenuhi persyaratan untuk jabatan tertentu atau kebutuhan pra-nikah. Hal ini juga yang lantas membuat mereka bertanya-tanya, seberapa sering medical check up harus dilakukan? Seperti apa manfaat yang akan diperoleh dari rangkaian pemeriksaan tersebut?

Berdasarkan ahli dari Center for Disease Control and Preventation (CDC) Amerika Serikat, Anda disarankan medical check up setiap setahun sekali, di awal atau akhir tahun atau sesuai tanggal yang disepakati. Kelompok usia yang dianjurkan melakukan pemeriksaan ini adalah dewasa muda yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Sementara kelompok usia 40 tahun ke atas atau menderita penyakit tertentu harus memeriksakan diri lebih dari sekali setahun.

Kemudian, sebelum menjalani medical check up, Anda sebaiknya menginformasikan hal-hal berikut kepada dokter:
  • Gejala atau keluhan yang sedang dialami;
  • Obat-obatan yang sedang dikonsumsi (termasuk produk herbal dan suplemen);
  • Riwayat kesehatan (termasuk yang dialami anggota keluarga), operasi, hasil tes, dan perawatan dokter lainnya;
  • Program diet yang sedang diikuti;
  • Perangkat atau alat yang ditanam dalam tubuh (misalnya seperti alat pacu jantung).

Apa saja tujuan dilakukannya medical check up?

Adapun tujuan dilakukannya medical check up mencakup:

  • Mengecek risiko penyakit tertentu

Seperti yang disinggung, medical check up memungkinkan dokter mengetahui kondisi atau tanda penyakit tertentu yang sebelumnya tak terdeteksi. Mengetahui gejala-gejala penyakit sejak dini akan membantu dokter mengambil tindakan medis yang sesuai. Anda pun dapat melakukan perawatan dengan peluang kesembuhan yang lebih besar.

  • Mencegah munculnya komplikasi penyakit

Sejumlah penyakit akan menyebabkan komplikasi saat terlambat ditangani. Oleh karena itu, medical check up dibutuhkan supaya dokter dapat mencegah potensi tersebut sebelum mengancam nyawa pasien. Selain itu, Anda juga tahu perawatan apa saja yang harus ditempuh untuk menekan risikonya dan menjauhi kebiasaan buruk yang menjadi pantangan.

  • Menekan masalah yang berkaitan dengan psikis

Kondisi psikis Anda akan ikut terpengaruh saat menderita penyakit-penyakit tertentu. Pemeriksaan yang dilakukan melalui medical check up akan memudahkan dokter menemukan solusi yang sesuai agar risiko tersebut tak berkembang. Jika dibutuhkan, Anda bisa saja disarankan menemui ahli seperti psikiater untuk menempuh terapi lanjutan terhadap masalah psikis tersebut.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini Anda tak ragu lagi menjalani medical check up. Dengan begitu, Anda dapat menjalani gaya hidup sehat lebih maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar