Sistem Kerja Blockchain Serta Peluang Investasi Kripto di Masa yang Akan Datang

Rabu, Desember 15, 2021

Kripto merupakan mata uang yang saat ini lagi di gandrungi hampir seluruh masyarakat. Sehingga tak jarang banyak yang merogoh kocek nya untuk melakukan investasi crypto tersebut. Asal anda tahu, bahwa cryptocurrency ini juga menggunakan teknologi blockchain sehingga lebih aman. Lalu sistem kerjanya? Penasaran? Yuk simak sistem kerja blockchain dan peluang kripto di masa depan.]

Mengenal Kripto

Cryptocurrency adalah nama lain dari mata uang kripto, dimana belakangan ini sudah semakin marak di indonesia. Lebih sederhananya kripto ini adalah sebuah mata uang yang mempunyai sandi dan pola rahasia yang sangat rumit. Dimana ini nanti akan berfungsi untuk menjaga keamanan mata uang digital yang anda miliki. 

Di Dalam crypto ini terdapat kriptografi sebagai sebuah jaminan. Kriptografi sendiri adalah sebuah metode yang dipakai guna melindungi saluran informasi dan informasi dengan penggunaan kode rahasia. Kriptografi ini metode keamanan yang dikembangkan dari blockchain yang sangat resisten terhadap modifikasi data.

Penjelasan Terkait Blockchain

Setelah membahas mengenai kripto dan kriptografi, kini saatnya anda paham apa itu yang dimaksud dengan blockchain. Jadi blockchain adalah sebuah buku besar yang isinya berbagai catatan dan informasi mengenai transaksi antara dua orang atau lebih yang bisa di verifikasi secara permanen. Sistem kerja blockchain juga sangat aman dan memberikan manfaat. 

Manfaat dari blockchain ini sendiri nantinya bakal dikelola oleh sebuah jaringan peer to peer dengan mengikuti protokol yang sudah ditentukan guna mengkonfirmasi adanya blok baru. Tatakala setelah di rekam, maka data tersebut tidak bisa diubah secara retroaktif tanpa harus adanya perubahan pada blok berikutnya. 

Sistem Kerja Pada Blockchain

Sistem kerja dari blockchain dimulai dari adanya balok yang menerima data baru. Kemudian untuk sistemnya nanti akan terdiri dari transaksi dan juga blok. Untuk setiap bloknya berisi beragam hash kriptografi yang berguna sebagai jaminan keamanan. Sehingga anda tidak perlu khawatir data anda bocor. Semua sistem tersebut nantinya akan membentuk sebuah jaringan. 

Blockchain ini juga memiliki sifat yang peer to peer, sehingga membuat komputer dapat memastikan data pada blok merupakan sebuah transaksi yang sesuai atau valid. Proses ini disebut dengan terdesentralisasi antara berbagai node pada jaringan. Setelah memperoleh informasi baru, maka hash kriptografi akan mengambil data serta mengubahnya menjadi serangkai kode unik. 

Langkah dari sistem kerja blockchain ini bakal terus berlanjut hingga transaksi yang dilakukan sudah terverifikasi serta dianggap valid. Jika sudah sampai di tahap tersebut, maka data itu akan di masukkan atau di tambah pada blok baru. Dengan alur sistem kerja tersebut, maka dijamin seluruh kegiatan transaksi anda terjaga kerahasiaannya.

Peluang Investasi Kripto di Masa yang Akan Datang

Berdasarkan pada riset menunjukan bahwa kepadatan crypto ini akan memiliki peluang emas dalam kaitannya di dunia investasi. Sebab ia merupakan aset yang anti inflasi, memiliki yoeld yang tinggi, jumlah fee transaksi yang tergolong rendah dan pastinya juga aman. Dikatakan aman, karena kripto sudah dilengkapi teknologi blockchain yang sudah terjamin.

Para tokoh juga berpendapat bahwa kripto juga terus mengalami kenaikan kedepan. Ini bisa terjadi karena adanya payung hukum mengenai industri dan investasi crptocurrency yaitu Bappebti No. 5 pada tahun 2019 dan juga sistem kerja blockchain yang aman. Dengan begitu akan menambah banyak masyarakat yang semakin yakin jika berinvestasi kripto tersebut sangat aman.

Kesimpulannya adalah bahwa kripto adalah sebuah mata uang yang mempunyai sandi dan pola rahasia yang sangat rumit. Di dalam kripto ini juga dijamin keamanannya dengan adanya kriptografi yang dikembangkan dari blockchain. Sistem blockchain ini tergolong cukup rumit namun jangan khawatir, data anda bakal aman.  

Kategori: , ,