5 Tips Memilih Asuransi untuk Karyawan

Minggu, Juni 20, 2021
5 Tips Memilih Asuransi untuk Karyawan

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan tentunya berhak untuk mendapatkan jaminan kesehatan berupa asuransi kesehatan untuk menjamin kesehatannya selama bekerja. Namun, tidak hanya asuransi kesehatan, karyawan memiliki hak untuk mendapatkan asuransi jiwa karyawan untuk menjamin masa depannya kelak.

Nah, supaya proteksi yang diberikan maksimal, berikut merupakan beberapa tips memilih asuransi untuk karyawan tersebut, yakni:

Cek Riwayat Layanan Perusahaan Asuransi

Pastikan terlebih dahulu mengcek track record perusahaan asuransi. Minimal cek keterangan izin operasional perusahaan tersebut melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selama track record perusahaan asuransi bersih dan izin OJK ada, maka perusahaan tersebut bisa dipercaya. 

Sesuaikan dengan Kebutuhan Karyawan

Saat memilih asuransi, sesuaikanlah dengan kebutuhan karyawan. Contohnya saja, untuk pekerja pabrik, asuransi jiwa dan kecelakaan standar tentu tidak cukup. Anda harus memberikan jaminan dengan coverage cacat akibat kecelakaan kerja. Selalu lihat kebutuhan karyawan dan usahakan untuk memenuhinya, ya!

Perhatikan Coverage dari Asuransi

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih perusahaan asuransi adalah coverage dan layanannya. Jika asuransi yang Anda pilih bisa memberi layanan penuh seperti biaya rumah sakit, biaya obat, biaya operasi, biaya ganti rugi akibat kecelakaan dan asuransi cacat, maka Anda disarankan untuk mengambilnya. 

Akan lebih baik lagi jika layanan yang diberikan bisa diakses langsung oleh karyawan secara online sehingga memudahkan karyawan jika mau mengklaim asuransi maupun melakukan pengobatan apabila karyawan sakit dan sebagainya. 

Biaya Premi Jangan Sampai Membebani Karyawan

Biasanya, asuransi yang diberikan pada karyawan dipotong dari upah yang diberikan perusahaan. Untuk itulah, sebaiknya Anda jangan sembarangan memilih perusahaan asuransi untuk karyawan Anda. Jika tidak berhati-hati, bisa saja biaya asuransi yang Anda pilih tidak sesuai dengan kemampuan karyawan Anda. Bukannya menguntungkan yang ada nanti malah merugikan karyawan Anda. So, jangan memilih asuransi yang bisa membebani karyawan Anda, ya!

Perhatikan Syarat Claim

Saat memilih perusahaan asuransi untuk karyawan, Anda harus cek bagaimana syarat klaim yang berlaku di perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan asuransi biasanya menerapkan peraturan yang ketat terkait syarat klaim sehingga nantinya dikhawatirkan bisa menyulitkan karyawan Anda. Untuk itu, jangan lupa untuk memerhatikan syarat klaim tersebut. 

Itulah dia tips-tips memilih asuransi karyawan yang bisa Anda terapkan. Semoga mendapatkan asuransi yang terbaik, ya!

Kategori: ,