Ternyata, Ini Beberapa Faktor yang Membuat Velg Mobil Pecah

Rabu, April 14, 2021
Ternyata, Ini Beberapa Faktor yang Membuat Velg Mobil Pecah

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa velg mobil tidak terlalu penting. Padahal, selain mempercantik tampilan kendaraan, velg juga menunjang keselamatan pengendara. Di samping itu, velg mobil yang rusak juga dapat mempengaruhi harga mobil bekas di pasaran.

Velg mobil yang mengalami kerusakan bisa berakibat fatal, apalagi saat menghadapi jalanan berlubang di musim hujan. Sekuat apapun material yang digunakan, velg mobil bisa pecah karena berbagai faktor seperti yang dilansir dari oto.detik.com berikut ini:

1. Tekanan angin ban yang kurang 

Faktor utama yang dapat menyebabkan velg mobil pecah adalah kurangnya tekanan angin pada ban mobil. Guncangan yang terjadi pada ban mobil dengan tekanan kurang dari standar akan diteruskan secara langsung ke velg, sehingga membuatnya penyok atau retak. Kondisi ini bisa lebih parah jika ban mobil yang Anda gunakan sudah tidak sesuai standar. 

Oleh sebab itu, Anda perlu mengontrol kondisi ban secara berkala. Jika kondisi profil ban mulai tipis, sebaiknya gantilah dengan ban baru yang sesuai standar. Sebelum berkendara, periksalah kondisi tekanan angin pada ban mobil. Selain itu, terapkan safety driving selama berada di jalan raya agar kerusakan velg yang disebabkan jalanan berlubang. 

2. Velg retak

Bedakan antara kondisi velg retak dan velg yang terbaret karena terkikis trotoar. Velg yang terbaret masih dianggap sebagai kerusakan yang wajar dan tidak membahayakan pengendara. Namun, jika velg mobil sudah retak atau permukaannya tidak rata, Anda wajib berhati-hati. 

Velg retak jika dibiarkan tanpa penanganan dapat berakibat fatal, salah satunya adalah pecahnya velg mobil. Meski begitu, jangan memperbaiki velg retak sendiri, sebab konstruksi velg yang tidak mudah kembali ke bentuk semula dapat mempengaruhi kenyamanan mobil. Jika mendapati velg mobil mengalami keretakan, sebaiknya gantilah dengan yang baru. 

Cara Merawat Velg Mobil

Velg mobil sebenarnya adalah komponen penting yang mempengaruhi tampilan mobil secara keseluruhan. Bahkan tidak sedikit pemilik mobil yang mengganti velgnya agar terlihat semakin keren. Tapi, terlepas dari jenis apa yang digunakan, velg membutuhkan perawatan agar tampilannya tetap terjaga. Salah satu perawatan paling sederhana adalah dengan membersihkan velg secara rutin, khususnya ketika memasuki musim hujan. Di musim hujan, velg lebih rentan kotor karena melewati jalanan berair, sehingga debu lebih mudah menempel. 

Keselamatan dalam berkendara adalah hal utama yang harus dikedepankan. Sebab itu, Anda harus merawat komponen mobil secara rutin, tidak terkecuali pada bagian velg.
Kategori: ,