Kenali 5 Masalah yang Sering Terjadi Pada Laptop Kesayanganmu!

Jumat, Oktober 30, 2020

 

Kenali 5 Masalah yang Sering Terjadi Pada Laptop Kesayanganmu!
Sumber : teknologi.id

Laptop telah menjadi perangkat elektronik yang lebih praktis dan mudah dibawa kemanapun. Jadi tak heran kalau lebih banyak orang memilih laptop daripada PC. Sayangnya, laptop ternyata memiliki banyak masalah yang sering terjadi ketimbang PC. 

Nah, buat kamu yang punya laptop bermasalah, kali ini kami akan memberikan beberapa masalah yang sering terjadi pada laptop dan solusinya. Siapa tahu salah satu masalah yang kami bahas ini terjadi pada laptop kamu. Yuk, simak!

1. Overhead

Sumber : teknologi.id
 
Sistem pendingin yang ada di dalam laptop hanya menggunakan fan seadanya dan hal ini pun berbeda dengan PC. Pada PC sistem pendinginnya cenderung lebih optimal kinerjanya, jadi jarang sekali terjadi overhead. Laptop yang terjadi overhead biasanya menyebabkan thermal paste yang cepat kering dan kinerja laptop itu sendiri menjadi lebih lemot. 

Solusi yang harus kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah membersihkan laptop selama setahun sekali paling minimal, ganti thermal pastanya juga dalam setahun sekali dan hindari menggunakan laptop pada permukaan yang tebal misalnya di atas kasur. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan kipas intake laptop terhalang.

2. Kinerja lambat

Sumber : blog.dimensidata.com
 
Memang laptop sangatlah praktis sehingga mudah dibawa dan dipindah-pindah, tetapi apakah kamu tahu kalau memindahkan laptop ada aturannya dan nggak boleh sembarangan lho. Untuk laptop yang menggunakan harddisk tidak boleh memindah-mindahkannya saat kondisi menyala, tetapi kalau laptop kamu sudah menggunakan flash memory atau SSD sih nggak masalah. 

Sebab jika rusak harganya nggak mahal, harga hardisk 1 tera sendiri nggak murah. Supaya kamu lebih leluasa menggunakan laptop bisa ganti harddisk dengan SSD maupun flash memory. Untuk itu, jangan pakai laptop juga di atas kasur, ya!

3. Baterai boros

Sumber : pandagila.com
 
Ini nih yang paling terjadi pada laptop. Banyak isu di masyarakat saat kita menggunakan laptop dengan baterai yang terus menerus di charge dapat merusak baterai. Nyatanya hal ini salah besar dan malah sebaliknya. Hal ini pun malah bisa membuat baterai lebih awet. Sebab kalau kita sering mencharge dan melepasnya berkali-kali malah bisa merusak baterai. 

Hal ini juga dapat merusak adaptor itu sendiri. Kalau baterai kamu sudah terlanjur drop ganti saja dengan yang baru. Pastikan jika ingin membeli yang baru pilih produk original ya, sob!


4. Rusaknya keyboard dan touchpad

Sumber : ruanglaptop.com
 
Entah itu dari pabrikasi maupun cara kita menggunakan laptop tersebut, tak jarang kalau keyboard dan touchpad laptop sering sekali rusak dan hal ini pun bisa terjadi sewaktu-waktu. Biasanya hal ini terjadi karena bagian dalamnya kotor dan kamu bisa membersihkannya sendiri. 

Banyak orang yang takut untuk membuka bagian ini, padahal sih caranya mudah sekali. Kamu hanya perlu menggunakan dua alat yakni, obeng dan juga kartu ATM bekas. Jika keyboard dan touchpad sudah benar-benar tidak bisa diperbaiki ganti dengan yang baru saja.

5. Laptop sering mati

Sumber : manxigroup.com
 
Setiap perangkat elektronik pasti akan terjadi konslet maupun short. Kalau sudah konslet atau terjadi short biasanya laptop akan sering mati secara mendadak hingga mati total. 

Solusi yang bisa kamu lakukan satu-satunya hanyalah mengganti motherboardnya, tetapi biasanya harganya mahal. Penyebab harga motherboard mahal karena didalamnya sudah terdapat CPU dan GPU yang nggak bisa dicopot. Pilihan lain kamu bisa menjualnya.

Itulah 5 kerusakan pada laptop yang sering terjadi. Untuk meminimalisir itu semua sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu merawat dan memakai laptop dengan benar. 
Reaksi:
Kategori: ,