Catat! Ini 8 Destinasi Wisata di Pulau Bintan yang Wajib Dikunjungi

Senin, September 28, 2020
Catat! Ini 8 Destinasi Wisata di Pulau Bintan yang Wajib Dikunjungi

Pulau Bintan merupakan salah satu kawasan destinasi wisata yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Mirip seperti Batam, kawasan ini tak begitu jauh dari Singapura dan Malaysia. Sehingga kebanyakan wisatawan mancanegara berasal dari kedua negara tersebut. Tentu saja, sejumlah pelancong lokal pun tak ketinggalan dalam menikmati pesona wisata di Bintan.

Wisatawan yang berkunjung ke Bintan biasanya untuk menikmati pusat wisata resort dan bahari ini. Namun, Bintan masih memiliki sejumlah destinasi wisata lain yang wajib dikunjungi. Untuk tahu lebih lanjut, berikut adalah daftar tempat wisata di Pulau Bintan yang populer dan tak boleh diabaikan begitu saja.

Pantai Trikora

Bagi Anda yang mendambakan eksotisme pulau tropis, Pantai Trikora wajib masuk ke dalam bucket list selama berada di Pulau Bintan. Pantai ini merupakan salah satu bukti kekayaan wisata pantai di daerah terluar Indonesia. Bebatuan granit yang menghiasi bibir pantai menambah keindahan pantai. Belum lagi, perairan yang cukup dangkal turut menggoda wisatawan untuk segera menceburkan diri dengan berenang. Karena itu, Pantai Trikora dapat menjadi destinasi wajib untuk liburan bersama keluarga karena pesona panorama menawan dan ombak yang relatif tenang. Setelah puas berenang seharian, maka Anda memiliki banyak pilihan resort sebagai tempat menginap untuk mengusir penat sebelum mengeksplorasi lebih banyak destinasi di Pulau Bintan.

Lagoi Bay

Ingin menikmati kemewahan resort di pulau terpencil? Datanglah ke Lagoi Bay untuk menemukan berbagai pilihan resort mewah. Tak hanya mengandalkan tempat rehat yang nyaman, resort di Bintan pun menyuguhkan pesona alam yang menawan. Area resort elit di Lagoi Bay memang belum sepopuler Bali, tetapi kualitas dan pelayanannya tak kalah memuaskan. 

Saat Anda berada di kawasan Lagoi Bay, Anda dapat menikmati waktu istirahat dengan memanjakan mata. Panorama Laut Cina Selatan akan menambah nuansa relaksasi bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat. Tak hanya itu, Anda pun dengan leluasa dapat berjalan kaki menuju spot-spot indah, seperti pantai dengan pasir putih dan karang rupawan.

Danau Biru

Nama Danau Biru benar-benar sesuai dengan warna air di danau ini. Bahkan, warnanya tak kalah menawan dibandingkan lautan yang mengelilingi Pulau Bintan. Pemandangan spektakuler ini semakin diperindah dengan adanya bukit pasir berwarna putih di sekitar Danau Biru. Memang, danau ini bukan danau yang terbentuk alami seperti Danau Toba. Danau Biru justru tercipta karena merupakan akibat dari aktivitas pertambangan pasir. Saat berada di sini, pastikan untuk mengabadikan momen dengan berfoto dengan latar instagramable.

Gurun Pasir Busung

Masih di area yang sama dengan Danau Biru, bukit pasir yang mengelilingi telaga indah tersebut adalah Gurun Pasir Busung. Dulunya, kawasan bak gurun Timur Tengah ini merupakan area pertambangan pasir. Berkat keindahan dan eksotisnya, area ini kemudian disulap dan dikembangkan sebagai destinasi wisata. Terbukti, banyak wisatawan sengaja menyempatkan berkunjung ke Gurun Pasir Busung untuk sekadar berfoto dan diunggah ke Instagram. Pada akhirnya, destinasi wisata hits ini selalu ramai oleh pengunjung untuk merasakan nuansa khas Sahara di Pulau Bintan.

Pulau Penyengat

Tempat wisata lainnya yang tak boleh dilewatkan di kawasan Bintan adalah Pulau Penyengat. Pulau ini berjarak tidak begitu jauh dari pusat kota Tanjung Pinang. Anda hanya perlu menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit untuk tiba di Pulau Penyengat. 

Saat tiba di pulau ini, Anda dapat menjelajahi bukti perjuangan Kerajaan Riau pada abad ke-18. Di antara spot populer adalah Masjid Raya Sultan Riau dengan desain arsitektur megah nan indah. Waktu pembangunan masjid ini hingga 40 tahun. Uniknya, konon perekat dinding masjid terbuat dari putih telur. Hal itulah yang menjadikan masjid ini begitu populer sebagai destinasi wisata.

Pulau Beralas Pasir

Selain Pulau Penyengat, jangan lewatkan pula Pulau Beralas Pasir atau White Sand Island. Pulau ini berada di Teluk Bakau, Gunung Kijang, Bintan. Pulau kecil ini tak berpenghuni dan menjadi destinasi wajib bagi pecinta aktivitas diving dan snorkeling. Terumbu karang yang terawat, pasir putih yang halus, serta keanekaragaman biota laut yang tinggi menjadikan pulau tropis ini menjadi primadona.

Crystal Lagoon

Di manakah letak kolam renang terluas di Asia Tenggara? Jawabannya ternyata di Pulau Bintan. Tepatnya, laguna air buatan pertama ini bernama Crystal Lagoon. Bersiaplah untuk terpukau akan pesona lanskap kolam renang yang menyerupai pantai ini. Anda mungkin akan berpikiran jika Crystal Lagoon adalah pantai sungguhan karena gradasi airnya berwarna kebiru-biruan dan begitu jernih. Tak hanya itu, pasir putih yang lembut pun dirancang khusus bagi wisatawan untuk memanjakan kulitnya. Jadi, jangan sampai melewatkan destinasi wisata wajib di Pulau Bintan ini, ya.

Bintan Wake Park

Selain Crystal Lagoon, pastikan pula untuk mengunjungi Bintan Wake Park. Wahana yang menonjolkan fasilitas wakeboarding ini memadukan aktivitas skateboard dan surfing. Bagi pecinta aktivitas menegangkan dan penuh tantangan, olahraga air ini akan menantang adrenalin. Anda diharuskan untuk berdiri di atas papan selancar, kemudian seutas tali akan menarik anda mengarungi permukaan perairan. Selain itu, Bintan Wake Park pun menawarkan wahana jetovator dan underwater scooter. Atau, ada pula ZOVB Balls yang memungkinkan Anda untuk berjalan di atas air. Menarik sekali, kan?

Vihara Patung 1000 Wajah

Selain wisata air, Pulau Bintan juga dapat menjadi destinasi wisata religi yang begitu menarik. Berziarahlah ke Vihara Patung 1000 Wajah untuk menikmati ketenangan penuh khidmat di areanya. Sesuai dengan namanya, rumah ibadah ini memiliki banyak patung dalam berbagai ekspresi dan ukuran. Sehingga, keunikan tersebut menjadikan vihara yang juga kerap disebut dengan nama Kuil 500 Lohan ini ramai pengunjung untuk berdoa ataupun sekadar datang berkunjung.

 
Bagaimana? Sudah siap menjelajahi destinasi terhits dan populer di atas? Yuk, jangan mau ketinggalan dengan wisatawan lain! Segera atur jadwal liburan dan itinerary Anda. Jangan lupa, kunjungi Wonderful Indonesia untuk mendapatkan informasi wisata menarik di Bintan dan daerah Indonesia lainnya.
Reaksi:
Kategori: ,