Tips Memilih Cover Body Motor yang Aman

Senin, Maret 09, 2020
Cover Body Motor

Di negara tropis seperti Indonesia, sarung atau cover motor sangat diperlukan. Cover motor ini berfungsi untuk melindungi kendaraan Anda dari sengatan matahari, debu dan hujan yang menyebebkan motor anda mudah berkarat. Saat ini, sudah banyak sekali cover motor yang dijual di pasaran, seperti Cover Motor Supra yang sudah tersedia di Blibli.com dengan harga bervariasi.

Jika dilihat dari fungsinya yang begitu penting, maka tidak salah jika cover motor ini banyak dicari oleh para pemilik motor yang ingin melindungi motor kesayangannya. Tapi tahukah Anda, ada sejumlah tips memilih cover motor yang sebaiknya diperhatikan. Berikut diantaranya.

Pilih bahan produk cover yang sesuai

Memilih bahan yang sesuai mungkin tak pernah terlintas di pikiran anda. Namun memilih bahan yang sesuai bisa turut memaksimalkan perlindungan dari cover motor itu sendiri. Ada banyak faktor yang harus disesuaikan dengan bahan cover motor.

Faktor yang pertama adalah anda harus menyesuaikan bahan yang digunakan dengan tempat di mana anda biasanya memarkir motor anda. Jika anda sering memarkir motor di ruang terbuka dengan kemungkinan terkena hujan, maka bahan parasut atau polyster sangat membantu anda. Bahan tersebut biasanya mempunyai ciri-ciri permukaan yang licin dan tidak berpori sehingga kedap terhadap air. 

Sayangnya, bahan tersebut sangat rentan terhadap embun yang mungkin timbul dibaliknya. Sedangkan untuk motor yang terparkir di dalam garasi, anda perlu mencari penutup dengan bahan dasar pori yang banyak sehingga sirkulasi tetap lancar.

Pilih cover motor sesuai ukuran

Memilih sarung penutup motor yang sesuai dengan ukuran motor anda juga sangat penting. Mungkin anda belum mengerti dengan maksud dari sesuai. Wajar saja karena kebanyakan produk cover motor saat ini sudah di sesuaikan dengan tipe motor masing-masing sehingga anda tidak memperhatikan ukurannya lagi. 

Namun memilih cover motor yang terlalu kecil memberikan anda risiko bahwa cover tidak akan sempurna menutupi motor terutama pada bagian bawah. Cipratan air dan debu tetap akan menempel jika bagian bawah tersebut tidak tertutup sempurna. Sebaliknya, jika anda membeli cover dengan ukuran yang terlalu besar, maka risiko penutup terbang terkena angin karena longgar akan mengintai.

Pastikan jahitan cover motor rapat 

Bahan polyester berbentuk serabut kuat, tidak dapat disambung dengan cara dilelehkan. Sehingga membutuhkan jahitan yang rapat. Kualitas jahitan yang baik harus didukung dengan mesin terbaik dan perawatan mesin yang berkelanjutan.

Hindari cover motor yang berwarna-warni

Faktor selanjutnya adalah dengan menghindari pemilihan cover motor yang berwarna-warni. Mengapa demikian? karena pada beberapa kasus, warna pada sarung justru luntur dan menodai permukaan cat motor sehingga justru menimbulkan masalah baru bagi anda.

Pilih bahan cover motor terbaik dan aman

Faktor terakhir dalam cara memilih cover motor yang tepat adalah dengan mempertimbangkan bahannya. Bahan yang anda gunakan sebagai cover motor sangat berpengaruh terhadap kesehatan cat pada bodi motor anda. 

Tentu anda tidak mau saat memilih bahan yang asal-asalan justru malah meninggalkan baret pada bodi motor anda. dengan begitu, anda bisa memilih bahan cover motor yang sekiranya halus dan licin untuk mengurangi resiko timbulnya goresan pada saat memasang atau juga melepaskan body cover motor, serta dapat mereduksi tetesan air hujan tanpa menimbulkan embun yang bisa mengakibatkan kotoran pada permukaan cat pada motor.

Jenis kain itu seperti parasut, polyester, milky, nylon, ripstok dan juga taslan dapat menjadi pilihan jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat selimut mobil. 
Reaksi:
Kategori: ,