Cara Menghasilkan Foto Terbaik dari Smartphone

Minggu, Desember 08, 2019
Cara Menghasilkan Foto Terbaik dari Smartphone

Semakin lama, kamera smartphone sudah semakin canggih, sehingga dapat menghasilkan foto dengan kualitas bagus. Selain itu, munculnya produk photo printer inovatif seperti Instax Mini Link yang menawarkan fitur printer instant, memungkinkan Anda untuk mencetak foto langsung dari smartphone.

Hal ini sangat memudahkan kita untuk mengabadikan momen-momen berharga bersama keluarga, teman, ataupun sahabat. Namun, untuk dapat melakukan pengambilan gambar terbaik, selain alat yang mendukung tentunya di butuhkan skill dan pengetahuan mengenai posisi dan sudut. Karena hal tersebut juga mempengaruhi dari setiap hasil pengambilan gambar yang Anda lakukan.

Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas menggunakan kamera smartphone :

Usahan agar kamera tidak goyang
Ketika mengambil gambar dengan smartphone, usahakan badan Anda tetap stabil dan seimbang sehingga gambar yang ditangkap dapat terlihat jelas. Atau, Anda bisa menggunakan tripod khusus smartphone untuk menghindari shaking ketika mengambil gambar.

Manfaatkan fitur grid
Setiap kamera di handphone memiliki fitur grid sebagai panduan untuk penempatan objek yang akan Anda foto. Dengan bantuan fitur ini, Anda bisa menghasilkan foto yang lebih simetris dan memudahkan Anda untuk mengatur angle foto yang diinginkan.

Ambil gambar dari beberapa angle
Pengambilan angle otomatis akan berpengaruh pada hasil foto Anda. Oleh karena itu, Anda jangan ragu untuk mengambil foto dari berbagai angle agar mendapatkan hasil foto yang bagus dan sesuai dengan keinginan. Bahkan, Anda bisa mengambil angle foto yang tak biasa agar berbeda dengan foto yang sudah ada.

Cari moment yang bagus
Moment yaitu hal yang sangat penting untuk menghasilkan foto yang keren, misalnya seperti saat ada pelangi, atau orang yang sedang melakukan kegiatan tertentu yang cukup unik.

Gunakan burst mode
Sebenarnya pada poin ini masih ada hubungannya dengan momen. Jika Anda ingin memfoto objek yang sangat cepat dan Anda ingin mendapatkan foto dengan posisi yang unik maka sebaiknya Anda gunakan brurst mode. Karena dalam brurst mode Anda dapat menghasilkan banyak foto sehingga semakin banyak peluang moment yang unik yang Anda dapatkan.

Jangan gunakan digital zoom
Sudah menjadi rahasia umum jika fitur digital zoom di kamera smartphone sebenarnya malah memperburuk hasil foto. Kecuali kamera smartphone Anda memiliki optical zoom, yang mana lensa kamera akan nampak menjorok keluar dari perangkat Anda. 

Karena penggunaan digital zoom hanya akan mempersempit pilihan editing untuk hasil foto. Lebih baik foto dengan jarak umum saja, tidak perlu di zoom in, kemudian crop pada bagian objek foto yang ingin diperbesar.

Gunakan mode HDR
HDR merupakan mode yang terdapat di sebagian besar kamera smartphone dan fungsinya adalah untuk mengambil foto objek stasioner. HDR memastikan bahwa pencahayaan dan bayangan dalam foto diekspos secara merata. 

Mode HDR ini sangat berguna untuk foto dengan kontras tinggi. Di dalam tips memotret dengan kamera smartphone ini, mode HDR membutuhkan dua atau lebih gambar dari berbagai eksposur secara bersamaan. Anda dapat menggabungkan dua foto terbaik dalam satu foto.

Gunakan filter post-processing
Filter sebetulnya bisa mempercantik hasil foto. Namun, jika Anda yang ingin menekuni fotografi serius dengan bermodalkan kamera smartphone, maka memanfaatkan semua filter yang tersedia adalah cara yang bagus.

Sebagian besar smartphone modern saat ini telah dilengkapi dengan berbagai filter yang bisa membuat hasil foto lebih memiliki karakter. Namun jika Anda kurang cocok dengan filter bawaan kamera smartphone, cobalah untuk mengunduh Pixlr di smartphone Anda.
Reaksi:
Kategori: ,